Hal-Hal Menarik Dari Budaya Skotlandia

Saat anda berkunjung ke Britania Raya, kebanyakan wisatawan biasanya akan memilih Inggris sebagai destinasi utama mereka. Padahal Britania Raya sendiri sebenarnya terdiri dari empat negara, yaitu Inggris, Wales, Skotlandia, dan juga wilayah Irlandia Utara. Masing-masing negara punya pesona eksotis yang mampu membuat para wisatawan terhipnotis dan takjub.

Hal-Hal Menarik Dari Budaya Skotlandia

Skotlandia merupakan salah satu dari negara yang membentuk United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (UK) atau yang dikenal dengan nama Britania Raya. Negara tersebut berbatasan dengan Inggris di sebelah selatan, Laut Utara di sebelah timur, Samudra Atlantik dan juga di sebelah utara dan barat, serta berbatasan dengan Selat Utara dan Laut Irlandia di sebelah barat daya. Ibukotanya sendiri berada di Edinburgh dan menyimpan berbagai macam pesona menarik yang juga patut untuk diketahui.

Kehidupan Orang Skotlandia

Orang Skotlandia adalah orang-orang keturunan dari bangsa Celtic dan juga suku lainnya yang telah bermigrasi ke daerah Skotlandia dari bagian lain yang ada inggris dan juga yang ada di dalam daratan Eropa sebelum 600 SM. Nama Skotlandia sendiri berasal dari Scotti, salah satu suku dari Celtic yang dapat menetap di sana. Oleh karena itu, orang Skotlandia disebut juga dengan Scottish.

Hampir semua orang Skotlandia sendiri berbahasa Inggris untuk berkomunikasi tapi dengan ciri khas “burr”. Kurang dari 2% dari masyarakat Skotlandia juga menggunakan bahasa Gaelic, bahasa yang juga berasal dari suku Celtic. Cara hidup dari orang-orang Skotlandia mirip dengan orang Inggris. Namun, mereka sendiri juga masih mempertahankan banyak kebiasaan yang berbeda-beda, seperti tarian rakyat, bagpipe, dan juga mengenakan sebuah rok tartan berpola kotak-kotak dari berbagai macam klan yang ada terdapat di Skotlandia.

Edinburgh Castle

Kastil Edinburgh ini lokasinya terletak di Edinburgh City dan menjadi sebuah landmark tersendiri dari negara Skotlandia. Kastil yang satu ini berdiri di atas bukit Castle Rock yang berketinggian sekitar hampir 130 mdpl. Kastil yang satu diketahui sudah mulai dibangun pada abad ke-12 oleh Raja David I. Raja David I ini menjadikan kastil tersebut sebagai sebuah pusat kekuatan militer sekaligus juga sebagai pusat yang ada administrasi di Skotlandia.

Kastil Edinburgh juga merupakan tujuan yang paling menarik yang ada di Kota Edinburgh. Ada banyak sekali ruangan menarik yang ada di dalamnya, antara lain adalah Half Moon Battery, Royal Palace, Crown Room, dan juga Great Hall. Jika bertandang ke Skotlandia rasanya tidak akan puas jika anda belum mengunjungi kastil yang satu ini. Pemandangan yang disajikan di setiap sudut sangat memanjakan mata. Jikaa anda tertarik untuk mengunjunginya anda bisa datang ke caste yang satu ini.

Loch Ness

Loch Ness adalah sebuah danau dengan volume terbesar dan menjadi salah satu dari tujuan wisata yang ada di Skotlandia. Danau yang satu ini terletak di kawasan Highlands, wilayah utara yang ada Skotlandia yang topografisnya didominasi oleh pegunungan yang sangat indah. Danau ini juga menjadi popular dengan adanya film Loch Ness yang pada saat itu tayang di tahun 1996 silam.

Jika anda berkesempatan berkunjung ke Loch Ness, maka jangan lupa untuk mengunjungi Urquhart (urk’at). Salah satu dari kastil yang tidak utuh lagi berdiri di sebelah barat dari Loch Ness, di atas bukit yang berbatu. Konon, kastil tersebut telah ada dan juga berdiri sejak 1200-an dan merupakan salah satu dari kastil terbesar yang ada di Skotlandia pada masanya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menaiki menara tertingginya untuk dapat menikmati pemandangan yang luar biasa.

Fortingall Yew

Sebenarnya merupakan nama dari sebuah pohon tertua yang ada di wilayah Eropa. Karena pohon tersebut telah berusia 5000 tahun nama tersebut diambil dari sebuah kotak kecil dimana pohon tersebut ditemukan, diberi nama Fortingall di Perthshire. Tanah yang mengelilingi Fortingall Yew juga luar biasa karena menyimpan berbagai macam situs arkeologi yang menakjubkan, mulai dari lapangan perkuburan wabah hingga biara berumur 1300 tahun.

Festival Edinburgh

Festival Edinburgh ini digelar setiap bulan Agustus, salah satu dari agendanya adalah Royal Edinburgh Millitary Tattoo. Parade marching band militer ini diklaim sebagai yang paling spektakuler di dunia. Dalam parade ini, pengunjung nantinya akan disuguhi oleh berbagai atraksi dari kelompok pipe band yang menjadi ciri khas dari Skotlandia. Biasanya, para pemain pipe band ini akan menggunakan pakaian tradisional asal Skotlandia yang disebut juga dengan kilat dan sporran.

Kilt adalah sejenis rok dari kain tartan yang berpola kotak-kotak dengan panjangnya selutut, sedangkan sporran adalah semacam tas kecil yang berfungsi sebagai sebuah saku. Begitulah, pakaian tradisional lelaki asal Skotlandia.

Tempat “Diciptakannya” Domba Dolly

Eksperimen kloning pertama yang telah berhasil adalah Domba Dolly. Domba ini lahir di Roslin Institute di Edinburgh dan salah satu dari domba yang berjenis kelamin betina. Peristiwa bersejarah tersebut tersebut terjadi pada tanggal 5 Juli 1996.

Nama Dolly yang diambil dari nama penyanyi dan juga aktris kenamaan Amerika Serikat, Dolly Parton. Nama tersebut memang disarankan oleh salah satu peternak yang membantu “kelahiran” dari Domba tersebut. Namun, pada 14 Februari 2003, domba Dolly dinyatakan mati karena beberapa penyakit yang telah dideritanya. Penyakit tersebut diduga merupakan kelainan genetik yang mungkin terjadi karena efek proses dari kloning tersebut.

Wiski Skotlandia

Disebut Scotch Whiskey dan merupakan sebuah minuman beralkohol berwarna coklat keemasan. Minuman yang sudah mulai dikenal pada tahun 1494. Kabarnya, minuman yang satu ini menjadi minuman favorit dari Raja James IV selama dirinya berada di Inverness pada tahun 1566.

Wiski Skotlandia ini terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu single
single malt scotch whiskey, single grain scotch whiskey, blended malt scotch whiskey, dan juga blended grain scotch whiskey. Dalam pembuatannya, semua scotch whiskey tersebut harus difermentasikan di dalam sebuah gentong kayu oak minimal membutuhkan waktu tiga tahun.

Tarian Skotlandia

Selain tariannya, para warga Skotlandia juga saling berkompetisi dalam keahlian memainkan sebuah alat musik. Skotlandia yang memiliki alat musik tradisional bernama bagpipe. Bagpipe sendiri dimainkan dengan cara ditiup. Berbeda dengan suling, bagpipe tersebut memiliki satu tabung yang berfungsi untuk dapat menyimpan udara, sedangkan untuk lubangnya sendiri berjumlah lima buah, alat musik bagpipe ini tidak hanya orang asli Skotlandia saja yang bisa memainkannya, namun banyak orang dari luar Skotlandia yang juga sudah mahir dalam memainkan alat musik bagpipe ini.

Demikian itulah beberapa kebudayaan yang berasal dari Skotlandia yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa kebudayaan yang ada di Eropa memang selalu menarik untuk dijelajahi, jika anda sedang berencana untuk berlibur ke Eropa, Skotlandia bisa menjadi salah satu negara pilihan anda, karena berbagai kebudayaan menarik yang ada di sana.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa