Tradisi Orang Rumania, Unik Banget

Bagi banyak orang, Rumania masih menjadi salah satu negara dengan mitos dan juga banyaknya tradisi yang melegenda. Dan mengingat banyaknya tradisi yang masih ada dalam kehidupan sehari-hari orang Roma ini mungkin tidak begitu klise bagi sebagian orang. Dari hujan sampai dengan meninggalkan hadiah dekat jendela untuk peri, adalah sebuah kebiasaan yang masih cukup populer di Rumania. Orang Rumania sangat menyukai tradisi mereka dan sangat menjaganya. Membawa sentuhan sihir dan kemudian menerapkannya dalam kebiasaan sehari-hari.

Tradisi Orang Rumania, Unik Banget

Mereka adalah bentuk masyarakat yang selalu menjaga tradisi agen bola dan budaya yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Sementara beberapa tradisi dan juga adat istiadat berputar di sekitar siklus kehidupan manusia dan dirancang untuk menemani mereka yang melakukan beberapa acara seperti pernikahan, kelahiran kematian. Seperti yang dahulu dilakukan orang Rumania pada zaman pra kristen, biasanya ritual kuno yang dilakukan secara individual atau dilakukan sebagai salah satu cara bagi mereka untuk ikut ambil bagian dalam tradisi tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa tradisi dari orang Rumania.

Mimpikan calon suami Anda di Bobotează

Pada malam sebelum liburan Epiphania atau orang rumania menyebutnya ‘Bobotează’ wanita Rumania yang belum menikah dikatakan akan melihat calon suami mereka dalam mimpi. Yang perlu mereka lakukan adalah dengan cara meletakan basil kering di bawah bantal mereka. Nantinya mereka akan memimpikan seorang suami yang akan di nikahi di masa depan. Ritual ini biasanya akan dilaksanakan sebelum Sânziene, saat peri musim panas yang baik datang.

Rumania Perayaan Hari Valentine

Dragobete, atau di lambangkan sebagai pria muda yang tampan, merupakan pelindung cinta dalam budaya rakyat Rumania. Nantinya di hari itu saat akhir musim dingin, dipercaya bahwa burung akan menemukan pasangan mereka dan akan mulai membangun sarang bersama. Menurut kepercayaan, pria dan wanita mudah nantinya akan memetik bunga bersama di hutan, dan nantinya wanita akan membiarkan pria tersebut menciumnya. Hal tersebut nantinya akan menandai dimulainya hubungan mereka

Hari tersebut juga biasanya dipakai untuk mengatakan bahwa wanita harus memastikan bahwa mereka sudah memilih seorang pria. Siapa pun itu dari segala kalangan usia, dan walaupun cuma bertemu di dalam bus tapi wanita Rumania dapat melakukannya.

Pada Hari Dragobete Romanians

Jika diterjemahkan tradisi ini bernama The Cuckoos. Tradisi ini umumnya ada di seluruh desa di Rumania. Salah satu kebiasan orang rumania, adalah tradisi yang dimulai sebelum hari paskah tiba. Biasanya dalam tradisi ini mereka akan menggunakan kostum dan topeng yang dihias dengan indah. Tokoh utama, The Cuckoo, yang nantinya akan memakai topeng berbentuk seperti bola dunia dan akan dihiasi dengan ratusan bunga dan pita.

Sisanya para pria yang nantinya akan berpakaian seperti wanita, mereka akan mengenakan pakaian milik kekasih mereka. Mereka nantinya akan memakai ikat pinggang dengan lonceng dan sambil membawa tokat. Dan akan berkeliaran di desa. Yang unik mereka akan memukul para penonton dengan lembut, sebagai sebuah tanda perlindungan terhadap penyakit yang akan datang di tahun depan. Tradisi unik ini biasanya akan dilakukan diBrănești, dekat dengan Bucharest, serta di beberapa desa lainnya decât Călărași. Atau di bagian tepi laut Constanța di wilayah Maramureș, Rumania utara.

Cucoaicele mengarak Ziua Cucilor di Brănești

Biasanya pada tanggal satu maret, untuk menandai datangnya musim semi tiba, para wanita di Rumania nantinya akan menerima hadiah dari pasangan mereka. Seperti ornamen kecil yang diikat dengan tali merah dan putih dengan rumbai. Di pakai di sebelah kiri di sepan hati seseorang, biasanya perhiasan ini adalah buatan tangan, tapi ada juga yang berupa emas atau perak.

Hal ini sudah menjadi kebiasaan kuno yang turun temurun dilakukan, lambang merah dan putih yang memiliki arti sebagai dualitas hidup dan mati. Nantinya akan diadakan juga pawai, dan sebagian akan mengikatkan ornamen tersebut juga di cabang-cabang pohon, terutama yang biasa dilakukan di daerah perkotaan.

Mucenici

Mucenici adalah sebuah hari raya Kristen yang biasanya akan dirayakan pada 9 Maret. Ini juga menandai sebagai pesta Empat Puluh Martir dari Sebaste. Pada hari ini, biasanya di wilayah selatan Rumania memiliki kebiasan unik untuk makan makanan penutup yang terdiri dari adonan yang direbus dan dibumbui oleh gula, kayu manis dan kacang walnut. Mucenici dibumbui dengan gula, kayu manis, biasanya kebiasan ini juga akan dirayakan pada awal musim semi. Pria atau wanita akan memilih hari apa saja pada dari tanggal 1 sampai 9 maret sebagai hari permohonan apa yang akan terjadi di tahun depan. Dipercaya nantinya dimasa yang akan datang di tanggal yang sama maka masa depan akan berkilau.

Legenda di balik tradisi tersebut mengatakan bahwa ada wanita tua bernama Dochia, ingin menghukum putra satu-satunya, yaitu Dragobete, karena menikah tanpa izin. Meskipun cuaca pada saat itu sangat dingin, dia mengirim istrinya ke sungai untuk mencuci bola benang hitam. Namun meskipun sudah dicuci bola tersebut tidak menjadi putih, dan kemudian wanita tersebut menangis. Melihat penderitaannya, seorang pria muda yang juga dalam beberapa versi lain dikatakan adalah Yesus, menawarkan sebuah bunga merah untuk digunakan mencuci benang tersebut. Dan berhasil benang tersebut menjadi putih, dan dia pun kembali kerumah Dochia.

Oilor Sâmbra

Tradisi kuno ini biasanya diadakan di bukit Huta Certeze di wilayah Maramureș. Perayaan ini juga menjadi awal penanda dari transhumance, atau sebuah pergerakan dari hewan ternak. Hewan ternak yang akan pergi dari tempat mereka untuk menghabiskan musim dingin di tempat yang lebih hangat. Pada hari minyyu pertama di bulan Mei, biasanya orang-orang akan berkumpul untuk berpesta atau berpiknik sementara para gembala akan membuat kesepakatan dan semua hal yang diperlukan menyambut musim dingin. Pada hari tersebut orang-orang di wilayah itu akan mengenakan kostum terbaik mereka, tradisi ini cukup unik dan beberapa daerah di Rumania masih mempertahankan pakaianan tradisional tersebut.

Perayaan Musim Semi

Setiap pada tanggal 1 Maret, Romania nantinya akan merayakan sebuah awal musim semi dengan cara yang cukup unik. Dimana untuk menunjukkan sebuah rasa persahabatan, dan rasa hormat atau rasa kagum mereka kepada pria maupun juga anak laki-laki, nantinya akan memberikan Martisor kepada perempuan. Entah itu anggota keluarga, teman atau rekan kerja. Martisor adalah sebuah perhiasan kecil yang biasanya melekat pada renda putih, perhiasan ini sebagai tanda untuk cinta dan putih untuk sebuah kejujuran. Tradisi ini yang konon sudah berasal sejak zaman Romawi kuno.

Demikian itulah fakta menarik tentang Rumania. Rumania adalah salah satu negara yang kaya akan tradisi dan juga adat istiadat, maka tidak heran mereka masih menjaga beragam tradisi mereka hingga hari ini. Tidak hanya tempat yang indah keunikan dari tradisi Romania selalu menarik untuk di jelajahi. Jika anda sedang berencana berlibur ke kawasan Eropa, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi Rumania tempat dari banyaknya tradisi dan budaya.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa